Oleh : Heri Mulyo Cahyo *)
Jika pada postingan sebelumnya kita sudah membahas Memanfaatkan Google Suggest (GS) Untuk Mencari Ide Bisnis - - maka untuk melengkapi “hasil riset” kita terdahulu kita akan menggunakan alat gratisan lagi yang disediakan oleh Google.
Google Trends (GT)
Jika dengan Google Suggest kita mengetahui padanan kata kunci (KK) apa yang paling banyak dicari orang melalui mesin Google. Sedangkan dengan Google Trends kita bisa mengetahui seberapa besar trends dari kata kunci yang kita cari selama 10 tahun terakhir, 12 bulan terakhir, 90 Hari terakhir, hingga 1 jam terakhir.
Selain itu dengan Google Trends (GT) kita bisa juga mengetahui seberapa banyak kenaikan kata kunci yang kita cari, dari kota mana saja orang-orang yang mencari kata kunci tersebut dan juga kata kunci apa saja yang sedang naik daun.
Main-Main dengan Google Trends
Sekarang mari kita main-main dengan Google Trends
Pertama, buka GT Indonesia di www.google.co.id/trends - ingat ya kita memakai Google Indonesia, karena sasaran bisnis kita Indonesia. Setelah anda buka tautan tersebut maka akan tampak tampilan Google Trends Seperti ini.
Klik untuk memperbesar gambar |
Kedua, Sekarang ketikkan kata MALANG pada kotak pencarian seperti di bawah ini dan tekan Enter:
Klik untuk memperbesar gambar |
Hasil dari pencarian di atas akan tampak seperti ini:
Klik untuk memperbesar gambar |
Namun hasil pencarian tersebut rentanganya terlalu besar yaitu mulai tahun 2004, anda bisa mencari trend tiap tahun atau 12 bulan terakhir, 90 hari terakhir, hingga 1 jam terakhir.
Selain itu – hasil yang di tampilkan adalah pencarian dari seluruh dunia, karena kita akan berbisnis di indonesia maka pilih negaranya menjadi indonesia.
Ketiga, setelah anda melakukan pengaturan rentangan waktu misalnya menjadi 12 bulan terakhir, dan daerah pencarian Indonesia selanjutnya adalah memahami hasil penelusuran GT dengan urutan sebagai berikut.
Mengatur nama Negara |
Mengatur Berdasarkan Rentang Waktu |
A. Minat seiring dengan waktu
Grafik "Trend" kata kunci yang kita cari |
B. Minat Kawasan ada dua – Sub Kawasan dan Kota
Sub Kawasan menunjukkan Daerah seperti Propinsi
Pencari Terbesar dari Sub Kawasan (Propinsi) |
Kota Menunjukkan asal pencarian
Asal Kota Pencari Kata Kunci |
C. Penelusuran Terkait terdiri – kata kunci Teratas dan yang Sedang naik daun
Kata Kunci yang Teratas dan Naik Daun |
Demikian sekilas penggunaan Google Trend untuk mendapatkan inspirasi bisnis
*****
*) co-Founder Jasa Ghost Writer dan Penulis CV Profesional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar