forthestartup.com |
Pertanyaan di atas mungkin ada di antara sebagian dari anda - terutama yang pengen memulai usaha. Tetapi tidak tahu dari mana memulainya, dan "apa yang harus dijual"?
Oke, tidak masalah, wong disini kita memang niatnya mau belajar berbisnis, jadi gak ada yang salah kalo kita mulai sekali dari yang paling awal, yaitu "mengenali diri" untuk mendapatkan inspirasi tentang apa yang memang "bisa dan layak kita jual".
Namun, yang perlu kita sepakati dulu dalam pembahasan kali ini adalah, istilah "bisnis" dan "menjual" tidak semata-mata merujuk pada : berbisnis/berjualan yang terkait dengan barang kasat mata (yang bisa dilihat) namun bisa berati lebih luas dari itu. Hal ini penting kita sepakati, karena dengan memahami bahwa berbisnis itu tidak semata-mata "jualan barang" tetapi bisa juga dalam bentuk jasa, apalagi di era digital ini, tak hanya barang dan jasa tholk yang bisa dijual, tetapi juga informasi, jejaring (networking) konsep dan bahkan walau sekedar ide. Barangkali diantara anda ada yang pernah membaca buku "Jualan Ide Segar" - disitu diceritakan ada sebuah perusahaan advertising yang dibayar sekitar seratus juta oleh sebuah provider seluler, "hanya" jualan ide pemasaran sebuah kartu perdana.
Nah, dengan memahami istilah berbisnis dalam bahasan kali ini akan semakin membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan inspirasi "apa yang bisa saya jual".
Selanjutnya akan kita bahas, bagaimana menggali "potensi diri" yang bisa "dijual". Perlu ditegaskan lagi mengapa perlu menggali potensi diri ini? Tidak lain adalah agar kita terutama yang hendak belajar memulai bisnis, adalah agar kita bisa memulai bisnis di bidang yang benar-benar kita kuasai dan terlebih lagi menyukainya. Hal ini penting karena pada saat-saat awal kita melangkah, ada banyak hal yang kita kerjakan sendiri dan kadang membutuhkan pikiran, tenaga dan biaya yang bisa jadi menyita banyak perhatian dan butuh waktu yang lumayan lama.
Agar anda lebih mudah memahami yang saya maksudkan di atas, akan saya beri contoh dari apa yang saya kerjakan SETIAP kali, membangun "lapak online" yang baru. Jika itu proyek saya sendiri biasanya saya kerjakan seorang diri. Pernah suatu ketika untuk menentukan nama Domaian saja, perlu waktu hampir seminggu untuk riset "kata kunci" dan itu dilakukan berjam-jam di depan laptop dan dilakukan malam hari selepas pulang kerja, kadang sampai jam 1 dini hari.
Ketika domain sudah diinstal, butuh waktu lagi untuk mencari template (tampilan situs) yang ringan, seo friendly dan tentu saja gratis. Bisa juga sih pesan ke orang lain, tetapi butuh dana dan ternyata juga butuh waktu agak lama untuk mendapatkan desainer situs yang harganya bersahabat.. Anda bisa lihat situs saya www.penuliscvprofesional.com -- itu templatenya pesan ke teman-nya teman dg harga lumayan "murah" sekitar 1 juta, tetapi harus nunggu waktu sekitar 3 minggu - heheh..
Tentu saja direntang waktu 3 minggu selama menunggu template jadi, saya harus membangun backlink setiap hari, yang rata-rata menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perhari dan semua itu dikerjakan didepan laptop dan butuh koneksi internet yang stabil. Saya tahu anda pasti sudah puyeng membaca yang saya ceritakan, apalagi mengerjakannya sendirian, pasti bisa muntah-muntah.. heheh Tapi saya melakukannya dengan senang hati - meski kadang harus terkantuk-kantuk di kantor, karena sering begadang sampai dini hari. Hal itu tak lain adalah karena memang dunia Internet dan komputer adalah "dunia saya" sejak lama.
Itulah yang saya maksud dengan memulai bisnis dengan hal-hal yang memang anda sukai atau "dunia anda".. karena kalau tidak maka bisa jadi seperti orang-orang yang belajar Internet marketing dan harus berguguran ditengah jalan, bahkan baru "mengerjakan PR" selama seminGgu saja sudah loyo dan "mutung".
Baiklah sekarang kita mulai pembahasan utamanya tentang menggali potensi diri yang bisa "dibisniskan/dijual". Ada banyak yang bisa kita gali, contoh-contoh dibawah ini hanya sebagian kecil ilustrasi...dan mohon maaf jika yang saya pakai contoh diri saya, semata-mata agar saya mudah menuliskannya tanpa perlu cross check dan mencari referensi lainnya.
1. Latar Belakang Pendidikan
Adalah segala keahlian, bakat dan keterampilan yang kita dapatkan saat kita sekolah atau kuliah. Misal: Alumni bahasa inggris- keahlian yang didapatkan saat kuliah yang berpeluang "dijual adalah" :
- Menerjemahkan (inggis-indonesia)
- Membuat tulisan (naksah, pidato, artikel, dll dlm bahasa inggris)
- Kemampuan bicara - bisa jadi guide jika tinggal di tempat wisata
- Kemampuan menerjemahkan bisa digunakan untuk membantu riset, penelitian bagi kalangan akademis yang membutuhkan
- Kemampuan mengajar - bisa digunakan untuk membuka kursus formal atau non formal (privat)
2. Keahlian dari Pelatihan
*A*- Mahir Komputer MS Office:
- bisa membuka jasa pengetikan atau data entri (banyak di internet).
- Jasa membuatkan presntasi yang bagus dg menggunakan power point. - Jasa analisa data penelitian dg menggunakan excel
- Jasa membuat software aplikatif dari Ms Excel dg menggunakan Macro/Script - seperti yang dijual di sekolah2 aplikasi Raport Kurikulum K 13 dari excel. dan seterusnya.
*B* - Mahir Aplikasi CorelDraw, Photoshop dan sejenisnya
- bisa buka jasa desain undangan, spanduk, pembuatan banner, logo, dll (semua jasa itu juga bisa di onlinekan)
*C* - Kemampuan Desain Web dan Blogging
- Bisa buka jasa desain Web, blog, untuk personal atau instansi atau organisasi
- Jasa sebagai reviewer produk
- Jasa reportase kegiatan dari instansi/perushaan
- Jasa content Writer untuk situs personal, instansi atau organisasi
- Jasa hosting dan jual domaian, dan seterusnya.
*D* Kemampuan Internet Marketing
- Buka pelatihan bisnis online
- Buka jasa Riset produk yang dicari netizen, kompetitor, dll
- Jasa pemasaran oline via web/sosmed, optimasi web/situs dengan teknik SEO - dll
*A* Menulis:
- bisa membuka jasa penulisan artikel, konten web, penerbitan buletin, buku,
- - Jasa editor naskah-naskah buku, aritkel dll
*B* Kuliner : ahli membuat Es teler
- bisa buka lapak jualan es teler.
4. Kemampuan Lain:
*A* Presentasi
- Bisa membuka jasa presentasi produk, baik barang/jasa
*B* Komunikasi dan jejaring (network) :
- Bisa membuka jasa seperti pengurusan surat-surat penting, SIM, paspor, dll
- Kemampuan membuat jejaring bisa "mengumpulkan" tetangga/kenalan yang punya "kesamaan jasa tapi beda produk" - misalnya.. tetangga A, biasa menyediakan layanan nasi kotak untuk acara2 kantor, tetangga B, jualan kue basah di pasar, tetangga C, spesialis masakan tradisional, - maka kita bisa buka jasa Catering, dengan "menjual produk2 tetangga tadi" di bawah brand/merek kita..
Demikian sekilas bagaimana kita memanfaatkan potensi diri untuk mengidentifikasi dan memulai bisnis yang "paling bisa" kita lakukan..
******
Tugas
Mari kita lihat lagi potensi diri dan menginventarisir - semua potensi yan ada pada kita, siapa tahu ada peluang bisnis yang bisa kita lakukan baik secara pribadi maupun bersama-sama teman yang punya "keahlian dan potensi yang sama"
Noted
BalasHapus